Mengenal jaringan komputer PAN


Personal area network (PAN)
Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja. PAN atau Personal Area Network merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telepon, ponse, televisi sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.
Kontrol pada PAN diperlukan dengan authoritas pribadi , dan untuk topologi yang digunakan antara lain Wirelles Application Protocol (WAP) dan bluetooth. PAN ini dihubungkan melalaui bus yang ada pada konputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer yang digunakan untuku komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan PAN biasanya hanya beberapa meter.
PAN digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri.
Kegunaan PAN
1. Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2. Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri
Contoh penggunaan karingan PAN
-Menghubungkan HP dengan laptop menggunakan bluetooth.
-Menghubungkan mouse dengan laptop menggunakan bluetooth
-Menghubungkan printer dengan laptop menggunakan bluetooth
Disamping itu, PAN merupakan jaringann komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ketingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (an uplink).

Comments